BERBAGI

SUMEDANG | KBA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar panen raya bersama petani di Sumedang, Jawa Barat. Gelaran panen raya tersebut merupakan rangkaian kerja sama Pemprov DKI Jakarta bersama Kabupaten Sumedang untuk suplai bahan pokok masyarakat DKI Jakarta.

“Barusan kita panen raya. Ini ikhtiar kita bersama semata-mata agar di satu sisi, para petani di sini mendapatkan harga jual gabah yang lebih tinggi, sementara warga Jakarta mendapatkan harga beras yang terjangkau,” kata Anies dalam keterangan tertulis, Jumat, 11 Juni 2021.

Anies mengatakan, kegiatan panen raya itu merupakan keseriusan Pemprov DKI Jakarta dalam meningkatkan kerja sama dengan Pemkab Sumedang, terutama di sektor pangan.

Kerja sama agar perekonomian di kalangan petani, khususnya di Sumedang, menjadi tumbuh dan berbanding lurus dengan terjaminnya stok beras yang dibutuhkan warga Jakarta.

Dia mengatakan, masyarakat Jakarta banyak berutang terhadap daerah penyuplai bahan pokok, khususnya Kabupaten Sumedang yang berkontribusi dalam memenuhi pasokan beras.

Bentuk kerja sama tersebut merupakan cara masyarakat Jakarta membalas budi kepada para petani yang menanam padi.

“Karena merekalah yang selama ini bekerja senyap dan tak terlihat, tapi manfaatnya kita rasakan. Semoga dengan kerja sama saat ini, para petani menjadi sejahtera dan kita yang di Ibu Kota bisa mendapatkan harga yang terjangkau dan stabil,” ucap Anies.

Kerja sama tersebut dilakukan antara PT Tjipinang Food Station Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta bersama PT Kampung Makmur BUMD Kabupaten Sumedang.

Sumber: kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here