BERBAGI

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang, Jawa Barat sudah menandatangani perjanjian kerja sama dan aktif untuk mengerjakan setiap poin perjanjian tersebut.

 

JAKARTA | KBA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri kegiatan Festival Kopi dan Tahu Sumedang, Gelar Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Acara ini di gelar dari 10-12 Desember 2021 di Thamrin 10 Food and Creative Park, kawasan Thamrin 10, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Desember 2021 sore.

Orang nomor satu di Ibu Kota ini mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang, Jawa Barat sudah menandatangani perjanjian kerja sama dan aktif untuk mengerjakan setiap poin perjanjian tersebut.

“Sebuah kerja bersama yang menjadi aksi dan kegiatan, mulai dari produksi beras untuk Jakarta dan sekarang hasil UMKM warga Sumedang dipamerkan dan dipasarkan di Jakarta, di pusat perekonomian, agar masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari produk tersebut,” tutur Anies.

Dia pun mengapresiasi kerja sama yang baik antara Pemprov DKI dengan Pemda Sumedang itu. Kerja sama ini di mulai dengan Memorandum of Understanding (MoU).

“Saya terima kasih antara Jakarta dengan Sumedang dimulai MoU, lalu MoU itu tidak menjadi sleeping MoU, melainkan aktif MoU,” ujarnya.

Gubernur Anies menjelaskan bahwa Pemprov DKI dan Pemda Sumedang sudah sangat tepat memilih Thamrin 10 sebagai lokasi untuk memamerkan produk UMKM mereka.

“Thamrin 10 ini menjadi etalase usaha kecil mikro menengah, baik kuliner maupun karya untuk dinikmati warga Jakarta. Ini penuh kalau malam dan sebelum pandemi per hari perputaran ekonomi di sini bisa mencapai sekitar Rp 180 juta per hari,” ujarnya.

Sebab, saat festival ini diselenggarakan, Jakarta tengah dalam usaha bangkit dari pandemi, sehingga harapannya dapat menggerakkan perekonomian.

“Dan kini pandeminya sudah relatif terkendali dan kita mulai bangkit, sangat tepat jika Sumedang masuk untuk memamerkan produk-produk mereka,” paparnya.

Menurut Anies, Jakarta kini memiliki semua unsur yang ada di Republik ini. Dia sangat berterima kasih apabila ada Pemda yang memfasilitasi untuk bisa produknya sampai ke Jakarta dan didisplay di sini. Pihaknya bakal membantu menyebarluaskan produk tersebut.

“Kami di Jakarta memiliki semua unsur yang ada di republik ini, karena itu kami sangat berterima kasih apabila ada Pemda yang memfasilitasi untuk bisa produknya sampai ke Jakarta dan di-display di sini. Kami dari Pemprov DKI siap untuk ikut memfasilitasi, saya harap Pasar Jaya membantu menyebarluaskan produk ini pascaeksebisi,” tambahnya.

Anies berharap, sumbangsih dari Jakarta akan mampu menggerakkan perekonomian nasional, terlebih menggerakkan sektor UMKM yang terdampak paling parah karena pandemi.

“Kita tahu persis, kegiatan mikro dan ultra mikro merasakan hantaman paling keras pada saat pandemi. Dan harapannya melalui kegiatan ini, Jakarta menjadi bagian yang ikut menggerakkan perekonomian nasional, ketika di Jakarta terjadi transaksi lebih banyak, maka akan punya efek pada daerah produsen, sehingga perputaran perekonomian jauh lebih cepat lagi bangkitnya,” tuturnya.

Dari pantauan KBA News, Anies sempat mengunjungi stand-stand yang ada di Thamrin 10. Anies juga sempat berbincang-bincang dengan Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir.

Gubernur Anies dan Bupati Dony juga sempat berhenti disalah satu stand kopi dan oleh-oleh khas Sumedang. Anies pun disambut para penjaga stand. (kba)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here