BERBAGI

TUBAN | KBA – Ragam cara kreatif sekaligus rekreatif dilakukan dalam sosialiasi Anies Baswedan sebagai calon Presiden RI. Kali ini dilakukan dengan road show dengan bus dengan branding foto wajah Anies Baswedan di Tuban, Jawa Timur.

Simpul relawan yang tergabung dalam Jaringan Relawan Nasional Anies Baswedan (Jarnas ABW) Tuban melakukannya selama dua hari pada Sabtu dan Minggu, 18-19 Desember 2022 lalu. Sejumlah tempat strategis dan objek wisata di Kota Wali turut disambangi bus Anies Baswedan ini.

Ketua DPD Jarnas Anies Baswedan Kabupaten Tuban Ratna Handayani mengatakan, selama dua hari meminjam bus Anies Baswedan yang dikelola oleh DPP Jarnas. Hari pertama dengan rute Tuban wilayah selatan ke tengah dan hari kedua wilayah utara ke tengah.

“Peminatnya banyak, jadi dua hari itu pesertanya berbeda. Biar semua ikut merasakan sosialisasi Anies Baswedan sekaligus jalan-jalan,” katanya kepada KBA News, Selasa, 3 Januari 2023.

Alumni UGM sekaligus kakak angkatan Anies Baswedan ini mengungkapkan, bus berkeliling di sejumlah ruas jalan di Tuban. Di sejumlah tempat strategis dan objek wisata berhenti menyapa warga dengan membentangkan spanduk.

“Yang jelas berhenti di tempat strategis untuk menarik perhatian warga, seperti di Alun-alun Tuban, objek wisata Pantai Cemara, Pantai Mangrove dan tempat strategis lainnya,” jelas Ratna.

Tak ketinggalan, relawan meneriakkan yel-yel Anies Presiden sambil membagi-bagikan merchandise seperti kalender 2023 dan stiker bergambar Anies Baswedan kepada warga. “Bagi-bagi kalender dan stiker. Ada yang langsung menempelkan stiker ke warung-warung, tentunya setelah mendapat izin dari pemilik warung,” katanya.

Ratna mengungkapkan, relawan Jarnas antusias mengikuti kegiatan ini. Bahkan Jarnas Tuban kembali oder untuk peminjaman bus Anies Baswedan lagi untuk kegiatan serupa.

“Ternyata yang order sewa bus juga banyak dari kabupaten lain. Jadwal kami, dua hari tanggal 18-19 Februari 2023. Yang besok ikut, mereka yang sebelumnya tidak ikut, jadi biar merata bisa merasakan sosialisasi sambil naik bus keliling Tuban,” jelasnya.

Dia mengatakan, untuk biaya operasional ditanggung relawan seperti pengadaan bahan bakar minyak hingga ongkos sopir dan kernet. “Sekitar 2 jutaan, yang ikut road show bantingan iuran untuk keperluan, termasuk untuk kebutuhan logistik atau makan,” katanya. (kba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here