BERBAGI

BLITAR | KBA – Program pemberdayaan masyarakat melalui budi daya tanaman sacha inchi juga dimaksudkan Sobat Anies Blitar Raya sebagai wadah untuk menyosialisasikan Anies Baswedan ke masyarakat. Namun, mereka tidak melakukannya secara jor-joran.

“Memang dalam brosur kita tidak sertakan logo Sobat Anies. Karena memang kita tidak atraktif. Tapi bagaimana program itu sampai ke masyarakat dulu,” jelas Koordinator Sobat Anies Jawa Timur, Poppy Palupi, kepada KBA News, Sabtu, 7 Januari 2023.

Tidak hanya itu, ketika pelatihan kepada masyarakat dalam pembudidayaan pohon asal hutan Amazon yang terdapat di Peru, Amerika Selatan tersebut, mereka juga belum langsung mengenalkan sosok mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Sebab, pada awalnya masyarakat masih skeptis dengan program itu. Apalagi, di kalangan petani juga underestimate dengan proyek-proyek kemitraan.

Poppy Palupi dengan tanaman sacha inchinya.

Namun, dalam perjalanannya ketika masyarakat yang ikut program sudah melihat perkembangan tanaman dan mereka kemudian konsultasi terkaitĀ  langkah-langkah berikutnya, barulah pihaknya pelan-pelan memasyarakatkan sosok bakal capres yang diusung Partai NasDem itu.

“Pada hari kesekian mereka memanggil kita. ‘Bu lihat fotonya [tanamannya] begini, begini’. Baru kita pelan-pelan masuk menyosialisasikan Pak Anies. Itu kepuasan bagi kami kalau sudah turun ke lapangan,” papar warga Blitar ini.

Apalagi, sambungnya, ketika masyarakat yang selama ini dianggap tidak mendukung Anies seperti dari kalangan nonmuslim ternyata juga tertarik ikut kegiatan tersebut, mereka pun semakin bungah. Belum lagi melalui program ini warga tersebut pun akhirnya buka suara tentang pengetahuannya terkait sosok Anies Baswedan.

“‘Oooh ya adik saya di Jakarta, pernah cerita juga dan apresiasi Pak Anies.’ Jadi Pak Anies itu siapa, mereka tahu,” tukas nenek dua cucu yang juga pelaku usaha kuliner ini.

Menariknya, lewat program ini mereka pun terus menjaga komunikasi dengan lebih dari 700 warga yang ikut program tersebut. Karena selain melakukan pendampingan, Sobat Anies juga menampung hasil budaya tersebut. Belum lagi, sampai saat ini juga masyarakat masih terus memesan dan menanam hingga ratusan pohon.

“Kita kontrak dengan petani. Tercantum semuanya di sini. Jadi ini strategi jitu mengenalkan Pak Anies ke akar rumput. Hari ini misalnya, Koordinator Divisi UMKM Sobat Anies Blitar Raya Pak Haji Son menjemput panen sacha inchi di tempat Pak Ali di Desa Pelas, Kecamatan Kras, Kediri,” imbuhnya.

Lewat kegiatan ini juga, katanya lebih lanjut, Sobat Anies Blitar membuktikan tidak hanya sekadar mengenalkan Anies Baswedan. Tapi juga bisa menyiapkan kegiatan yang dapat membantu masyarakat.

“Karena statement pergerakan atau janji hati ketika melakukan pergerakan saat deklarasi [Sobat Anies], bagaimana caranya kita bisa menyentuh masyarakat bawah. Makanya kita melakukan pemberdayaan. Supaya kita berdaulat dalam perekonomian, tidak bergantung. Dan kita bisa. Ekonomi jadi program utama kita,” tandasnya.

Mereka semakin semangat menjalankan program ini karena juga mendapat dukungan dari para tokoh. Bahkan anggota DPR RI dari NasDem Nurhadi sudah pernah berkunjung ke tempat pembibitan tanaman sacha inchi Sobat Anies Blitar.

“Anggota DPR RI NasDem Pak Nurhadi juga ngeklik dengan program kita. Beliau mensupport,” demikian Poppy Palupi. (kba)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here