BERBAGI

BANJARNEGARA | KBA – Sedikitnya 150 kader PAN Banjarnegara, Jawa Tengah, mendeklarasikan For PAN atau Forum Relawan Pendukung Anies Banjarnegara di Kalibening, Minggu, 1 Januari 2023 lalu. Pernyataan sikap politik mendukung Anies Baswedan ini digelar setelah acara konsolidasi.

“Ada dua acara kemarin itu. Pertama, konsolidasi internal PAN dalam rangka penguatan untuk kader PAN lokal Kalibenang. Terus pembekalan saksi-saksi TPS. Setelah acara selesai dilaksanakan, baru deklarasi [mendukung] Anies,” jelas Wakil Ketua DPD PAN Banjarnegara H. Ruswanto kepada KBA News, Kamis malam, 5 Januari 2023.

Meski demikian, konsolidasi dan deklarasi mendukung Anies ini bukan digelar secara resmi oleh struktural partai, DPD atau DPC. Tapi inisiatif para kader PAN.

“Itu dari kader cabang Kalibening. Tapi mengundang seluruh kecamatan. Tidak mengatasnamakan organisasi, struktural. Cuman di situ ada sesepuh PAN Pak Haji Supriyanto yang sangat semangat,” papar mantan anggota DPRD Banjarnegara ini.

Konsolidasi ini juga dimaksudkan sebagai langkah untuk mengembalikan kejayaan PAN yang pernah diraih pada Pemilu 2009 lalu. “Waktu itu PAN jadi pemenang, dapat delapan kursi. Ketua DPRD-nya dari PAN,” ungkapnya.

Bahkan saat itu, daerah pemilihan 4 yang mencakup Kalibening, Punggelan, dan Pandarum berhasil meraih dua kursi. Hal itu berkat dukungan Supriyanto. Bahkan sesepuh PAN ini juga berperan besar dalam mendapatkan satu kursi lagi di dapil 5, yang mencakup Wanayasa dan Batur.

“Pak Haji Pri bisa meng-hire tiga anggota dewan masuk ke DPRD Banjarnegara. Saya waktu itu ikut kebawa. Leading sector-nya Pak Haji Pri,” sambungnya.

Karena itu, pertemuan yang juga diikuti kader PAN dari semua kecamatan di Banjarnegara tersebut juga dimaksudkan untuk mengembalikan kejayaan partai seperti Pemilu 2009 lalu. “Bernostalgia, kepingin mengembalikan kejayaan seperti waktu itu. Makanya diundang semua. Yang undang Pak Pri,” ucapnya.

Kader PAN Banjarnegara mendeklarasikan dukungan ke Anies setelah acara konsolidasi.

Acara kemudian dilanjut dengan deklarasi karena menampung aspirasi mayoritas kader PAN yang mendukung Anies Baswedan. Bahkan para simpatisan PAN sempat mengancam akan pindah kalau partai berlambang matahari biru ini tidak mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Makanya pihaknya berharap dengan adanya deklarasi ini, konstituen PAN tetap setia dan simpatisan yang sempat berpaling kembali bersama lagi pada Pemilu 2024 mendatang.

“Jadi mudah-mudahan dengan kami menginisiasi begitu, mereka bisa bersama-sama kami lagi. Mudah-mudahan pemilu nanti bisa meningkat [kursi PAN di DPRD]. Minimal satu dapil satu [kursi]. Jadi 6 [kursi]. Sekarang 4 kursi,” tandasnya.

Meskipun, dia menambahkan, keputusan akhir terkait pencalonan presiden ini mereka mengikuti arahan dari DPP PAN. Namun, yang penting saat ini mereka menyuarakan aspirasi kader sebelum DPP PAN memutuskan siapa yang akan diusung nanti.

“Untuk ending-nya nanti seperti apa, jadi atau tidak jadi [Anies didukung PAN], itu persoalan nanti. Yang penting kami menyuarakan secara pribadi dan aspirasi masyarakat. Tentu plus minus memang. Tidak ada manusia yang sempurna. Cuma saat sekarang ini, Anies itu menjadi simbol kepemimpinan ideal yang diharapkan masyarakat,” demikian Ruswanto. (kba)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here