BERBAGI

BANJARNEGARA | KBA – Ratusan kader PAN Banjarnegara, Jawa Tengah, mendeklarasikan For PAN atau Forum Relawan Pendukung Anies Banjarnegara di Kalibening pada Minggu, 1 Januari 2023 lalu. Pengurus PAN mulai dari DPP hingga DPD tak mempersoalkan manuver kader partai berlambang matahari biru tersebut.

“DPD sama dengan DPP tidak melarang. Dan tidak mendorong. Kalau ada aspirasi dari cabang-cabang untuk dilaksanakan, silakan. Yang penting tidak menimbulkan hal-hal negatif. Dilaksanakan dengan tertib, tidak merugikan yang lain,” jelas Wakil Ketua DPD PAN Banjarnegara H. Ruswanto kepada KBA News, Kamis, 5 Januari 2023.

Karena memang, lebih lanjut dia menjelaskan, mayoritas kader PAN Banjarnegara mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Hal ini terlihat dari hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PAN Banjarnegara beberapa bulan lalu. Dukungan paling kuat kepada Anies Baswedan.

“Dalam Rakerda beberapa bulan lalu, muncul beberapa nama. Ada Anies, Ganjar [Pranowo], Rizal Ramli, Gatot [Nurmantyo], Puan [Maharani]. Kami selaku sekretaris merangking. Dari setiap kecamatan [mengusulkan] 10 nama. Ternyata yang paling tinggi skornya Anies Baswedan. Di bawahnya Ketum [Zulkifli Hasan],” ungkapnya.

Hasil Rakerda tersebut juga sudah diteruskan ke DPP PAN. PAN pun telah menggelar Rakernas pada Agustus 2022 lalu yang merekomendasikan sembilan nama bakal capres, salah satunya Anies Baswedan.

Sampai saat ini, sambungnya, DPP PAN juga belum mengerucutkan sembilan nama itu menjadi satu nama. Seperti pengurus DPP PAN yang juga terus membangun komunikasi terkait pencapresan tersebut dengan berbagai pihak, mereka pun di akar rumput terus menyuarakan aspirasi mereka politik mereka.

“Itu [deklarasi dukung Anies] termasuk sosialisasi hasil penjaringan nama-nama capres pada saat dibahas di Rakerda PAN Banjarnegara. Kami juga memberikan kesempatan yang luas seluas-luasnya [kepada kader]. Karena Ketum di sana juga harus berhubungan dengan calon yang lain. Di pusat ya memang harus begitu. Enggak salah juga,” papar mantan anggota DPRD Banjarnegara ini.

Namun dia memastikan, kalau DPP PAN sudah memutuskan satu nama yang akan diusung sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang, mereka akan taat kepada keputusan tersebut.

“Nanti kalau ada ketetapan, kami akan taat dengan keputusan itu. Apa pun keputusan DPP. Saya akan mengajak teman-teman untuk menaati,” demikian Ruswanto. (kba)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here