BERBAGI

JAKARTA | KBA-Wilayah Bandung Raya diprediksikan akan menjadi lumbung suara bagi Capres Partai NasDem Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. Pendukung Anies di Bandung Raya sangat besar. Bahkan akan lebih besar dari suara yang diraih Prabowo pada Pilpres 2019.

Ketua DPW Simpul Relawan Anies Presiden Tahun 2024 (Anies P-24) Jawa Barat Dadan Supardan menyatakan hal itu kepada KBA News. “Wlilayah Bandung Raya itu terdiri dari dua kota dan dua kabupaten yaitu Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Saya pikir sangat tepat jika  Anies memprioritaskan kunjungan ke wilayah itu.”

Sebagai warga Jawa Barat yang tinggal di Bandung, dia merasakan denyut nadi kuat dukungan kepada Anies. Jawa Barat selalu mengambil posisi yang berbeda dengan tetangganya Jawa Tengah. Kita tidak tahu kenapa kecenderungan itu terjadi. “Tetapi demikianlah adanya. Jawa Barat memilih independen dan berbeda dari Jawa Tengah dan Timur,” katanya.

Begitu populer

Tidak berlebihan bahwa di empat wilayah itu Anies begitu populer. Jejak rekam Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta begitu memukau para pemilih di sana. Banyak pengamat menyebutkan Anies bisa menambah banyak pundi-pundi suaranya di keempat wilayah itu.

Jika berkaca pada hasil Pilpres 2019, keempat wilayah itu memberikan suara yang sangat signifikan di  mana semua daerah menunjukkan kemenangan pihak oposisi, yaitu Prabowo. Rata-rata kemenangan oposisi mencapai 65 persen di mana Kabupaten Bandung memberikan sumbangan persentase terbanyak, yaitu mencapai 72 persen.

Melihat suara petahana yang jeblok di Jawa Barat pada 2019, kata Dadan, kita bisa berharap itu akan terjadi lagi dalam Pilpres 2024. “Dulu orang memilih Prabowo karena dia mewakili suara oposisi. Sekarang posisi itu sudah diambilalih oleh Anies Baswedan. Ditambah lagi, rakyat Jawa Barat mendukung Anies karena dia kelahiran Jawa Barat, yaitu Kuningan.”

Di samping itu, kata Dadan lagi, Anies mencatat prestasi dan reputasi yang sangat baik  dan mencengangkan sewaktu menjadi Gubernur DKI Jakarta selama lima tahun. Jejak rekam Anies itu tidak bisa ditandingi oleh calon lain.

“Anies pun menawarkan gerakan perubahan yang bertekad memberikan yang lebih baik bagi rakyat dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan, yang sebagian besar rakyat merasa justru dalam dua periode masa jabatannya, Jokowi gagal memberikan dan menyediakan itu semua,” demikian Dadan Supardan. (kba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here