BERBAGI

JAKARTA | KBA- Secara umum bisa dikatakan Provinsi Jambi akan dimenangkan oleh Capres Partai NasDem Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. Nama Anies sangat populer di provinsi itu. Nampaknya dia akan memenangkan suara sekitar 70 persen suara. Diperkirakan suara terbesar berasal dari wilayah Jambi Barat.

Ketua Simpul Relawan DPW Rumah Gadang Jambi Apriansyah menyatakan hal itu kepada KBA News, Rabu, 4 Januari 2023. Dia memberikan prediksi berdasarkan pengamatannya di seluruh provinsi dan juga dibandingkan dengan hasil Pilpres 2019, yang memenangkan Prabowo dengan raihan  suara 59 persen berbanding  41 persen untuk Jokowi.

“Saya baru saja berjalan berkeliling ke-11 kabupaten dan kota di negeri yang berjuluk Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini. Gairah untuk mendukung Anies sebagai Capres sangat besar. Di kedai-kedai kopi, pertemuan pernikahan, dan masjid semua orang  bergairah mendukung mantan Gubernur DKI tersebut,” kata pegawai bidang IT di Kota Jambi itu.

Dua wilayah

Secara umum wilayah Jambi dibagi kedua kelompok kabupaten/kota, yaitu Jambi Barat dan Jambi Timur. Jambi Barat  itu menempati wilayah di tengah Pulau Sumatera dan berbatasan dengan Sumatera Barat. Sedangkan Jambi Timur terletak di pantai timur Sumatera di Selat Karimata Laut China Selatan.

Jambi Barat terdiri  dari Kota Sungai Penuh,  Kabupaten Kerinci, Merangin, Bungo, Tebo, dan Sarolangun. Sedangkan wilayah Jambi Timur terdiri dari Kota Jambi, Kabupaten Batanghari, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur. Bagian barat akrab dengan budaya pertanian sedangkan timur lebih ke cara hidup nelayan dan perkebunan.

Dalam pilpres 2019, seluruh  Jambi Barat dimenangkan oleh Prabowo. Meraih suara sekitar 70 persen di wilayah Barat, Prabowo Berjaya dan mendapat dukungan rakyat. Sebaliknya dari lima kabupaten/kota di Timur, Jokowi menang di tiga kabupaten yaitu Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat, dan Tanjung Jabung Timur.

Posisi Prabowo pada tahun 2019 nampaknya mulai surut. Nampak jelas rakyat lebih memilih Anies daripada pria yang sekarang mnjabat Menteri Pertahanan itu. “Secara umum pendukungnya di 2019 kecewa dan akan mengalihkan dukungannya kepada Anies,” kata laki-laki yang akrab dipanggil Apri oleh teman-temannya itu.

Jika Prabowo cuma menang 59 persen, maka diprediksi kemenangan  Anies di Jambi malah lebih besar lagi. Rakyat, katanya, menunggu kedatangan Anies. Jika dia datang, maka sambutan yang luar biasa akan dia terima seperti di Medan dan Pekanbaru dan tempat-tempat lain.

“Saya optimistis, suara Anies akan meledak di provinsi ini. Dia bisa meraih suara di atas 70 persen minimal. Dan itu bisa bertambah lagi, mengingat masyarakat sudah lelah kepada Pemerintah Jokowi yang dianggap gagal menyejahterakan rakyat,” demikian Apriansyah. (kba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here