BERBAGI

JAKARTA | KBA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub RI) terus mendorong agar daerah di seluruh Indonesia mengikuti jejak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengelola transportasinya.

DKI Jakarta lebih mengutamakan transportasi yang berorientasi ramah lingkungan dan mengintegrasikan moda angkutan umum.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenhub RI Djoko Sasono dalam sebuah diskusi belum lama ini.

Menurut Djoko, implementasi sistem transportasi terintegrasi di berbagai kota penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas moda transportasi yang ramah lingkungan.

“Kita menyadari bahwa ke depan kita memerlukan banyak teknologi yang ramah terhadap lingkungan, dan integrasi transportasi menjadi sebuah kunci untuk mewujudkan hal tersebut,” ucap Djoko Sasono seperti dikutip dari Antara, Senin 18 Oktober 2021.

Djoko mengatakan upaya pemenuhan sistem transportasi yang ramah lingkungan, salah satunya telah diimplementasikan melalui Light Rail Transit (LRT) Jakarta dan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.

Ia mengatakan MRT Jakarta dan LRT Jakarta berfungsi sebagai tulang punggung pergerakan di perkotaan yang sangat efektif karena diintegrasikan dengan berbagai moda transportasi lain.

“Contohnya di Jakarta, integrasi MRT dengan angkutan bus dan juga moda-moda yang lain. Bahkan di kota-kota besar lainnya, kita harus sudah mulai kembangkan pendekatan-pendekatan ini,” ungkapnya.

Djoko menilai angkutan umum yang terintegrasi satu sama lain mampu mengurangi kemacetan sehingga emisi pada lingkungan dapat diturunkan.

Kemhub, lanjut Djoko, sangat mendukung kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengedepankan pengembangan sistem transportasi terintegrasi dan ramah lingkungan.

“Selain ramah lingkungan, integrasi antarmoda angkutan umum juga lebih efektif, efisien, aman, dan nyaman,” ujar Djoko. (kba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here