BERBAGI

BANJARNEGARA | KBA – Memasuki tahun politik 2023, dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden semakin kencang. Kemarin, Minggu, 1 Januari 2023, giliran sejumlah pengurus PAN Banjarnegara, Jawa Tengah, mendeklarasikan dukungan kepada bakal calon presiden yang diusung Partai NasDem tersebut.

Seperti dilihat dari video singkat yang diunggah akun Twitter @JarnasABW sesaat lalu, Senin, 2 Januari 2023, deklarasi digelar dalam sebuah aula. Tampak backdrop bertuliskan “Deklarasi For PAN, Forum Relawan Pendukung Anies Banjarnegara.”

Dalam video berdurasi kurang dari satu menit itu, puluhan dari mereka bersama-sama membacakan deklarasi dengan dipandu seseorang.

“Atas rahmat Allah Swt dan dengan didorong oleh keinginan yang luhur untuk memperbaiki bangsa dan negara Indonesia menjadi negara yang adil, makmur, berdaulat, dan berkemajuan, maka dengan ini kami menyatakan. Satu, mendukung dengan sepenuh hati Bapak Anies Rasyid Baswedan untuk menjadi calon presiden Republik Indonesia tahun 2024 sampai 2029,” demikian potongan isi deklarasi tersebut.

Atas dukungan itu, akun @JarnasABW pun menyambaik baik pernyataan sikap partai berlambang matahari biru tersebut. Pihaknya pun terus mengajak semua anak bangsa untuk ramai-ramai mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

“Mantabbb..Pengurus Partai Amanat Nasional Kab Banjarnegara Jateng melakukan deklarasi mendukung Anies Baswedan for Presiden RI 2024-2029.. yuks terus kita dukung,” tulis akun resmi media sosial simpul relawan Anies yang bernama lengkap Jaringan Nasional Relawan Anies Baswedan ini.

PAN sendiri sampai saat ini belum memutuskan siapa yang akan diusung pada Pilpres 2024 mendatang. Meskipun pada Rakernas Agustus 2022 lalu, PAN merekomendasikan 9 nama bacapres salah satunya ada Anies Baswedan.

Namun, PAN sejauh ini tidak bergabung dalam Koalisi Perubahan yang bakal mengusung Anies. Koalisi perubahan digawangi Partai NasDem, Demokrat, dan PKS. PAN sendiri menjalin komunikasi dengan Golkar dan PPP dengan membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Meski belum memutuskan capres, Ketua Umum DPP PAN Zulkilfi sebelumnya membolehkan kadernya di berbagai daerah menyampaikan dukungan kepada Anies sebagai calon presiden. Zulhas tidak melarang karena sampai saat ini PAN belum memutuskan capres yang bakal diusung.

Karena itu, sebelum kader PAN Banjarnegara, sejumlah politikus PAN di Aceh, Padang, dan Pekanbaru juga telah memberikan dukungan yang sama kepada Anies Baswedan.

Di Aceh misalnya, bacaleg PAN Irjen (Purn) Saiful Maltha memasang foto Anies di baliho iklannya. Sementara di Padang, anggota DPR RI dari PAN Guspardi Gaus turut menyambut Anies di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dalam kunjungannya pada 3 Desember 2022 lalu.

Bahkan di Pekanbaru, sejumlah politikus PAN Riau yang dimotori Ketua Bapilu DPW PAN Riau T. Zulmizan Farinja Assagaff secara terus terang mendeklarasikan dukungan di hadapan Anies Baswedan dalam acara rapat akbar di Pekanbaru, Minggu, 4 Desember 2022. (kba)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here