BERBAGI

JAKARTA | KBA-Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, merupakan kota yang akan memberikan banyak suara kepada Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dikenal luas dan dicintai oleh sebagian besar oleh warga Kota Sungai Musi itu.

Ketua DPW Simpul Rumah Gadang Sumsel Syafril Ahmad menyatakan hal itu kepada KBA News, Kamis, 5 Januari 2023, membahas kemungkinan kemenangan Anies di kota yang terkenal dengan makanan khas pempek itu.

“Warga Palembang banyak yang sudah mengenal Anies. Kiprahnya sebagai Gubernur Jakarta terkenal sampai kemari. Mereka sangat ingin  Anies membenahi Indonesia seperti dia membangun Jakarta dan menyejahteraan warga ibukota,” kata pengusaha yang menjadi pengurus wilayah Muhammadiyah Sumsel itu.

Kalau jalan-jalan ke kota ini dan bertanya kepada warganya apa yang akan mereka pilih di piIpres yang akan datang maka jawaban yang diberikan warga adalah dua saja: sebagian besar pilih Anies atau menyatakan  tidak tahu. “Itu menunjukkan  popularitas Anies sangat baik dan tinggi di sini,” kata Syafril.

Berkaca dari Pilpres tahun 2019, kekuatan oposisi mengungguli calon petahana di mana Prabowo unggul 59 persen dibandingkan dengan Jokowi yang cuma 41 persen. Di 17 kabupaten dan Kota di seluruh Sumsel, Jokowi cuma menang di satu kabupaten yaitu di Banyuasin. Itu pun cuma menang tipis sekitar 3.000 orang, sekitar 1 persen. Jokowi meraih 50,55 persen dan Prabowo meraih 49,45 persen. Selebihnya di 16 daerah lain, oposisi unggul telak.

Dia memprediksikan suara Anies akan  lebih tinggi dibandingkan tahun 2019. Dulu Prabowo yang tidak begitu dikenal  bisa meraih 59 persen.  Sedangkan Anies saat ini begitu dikenal. Maka bisa dipastikan Anies akan  meraih suara lebih tinggi. “Simpul relawan yang tergabung dalam Forkom Sumsel memperkirakan kemenangan Anies bisa sampai 70 persen di Bumi Sriwijaya,” katanya.

Relawan di sini mendambakan kedatangan mantan Menteri Pendidikan itu. “Awalnya kami dengar kabar beliau akan datang pertengahan Januari ini tetapi  kemudian ditunda karena menunggu perkembangan politik pencapresan di Jakarta. Semoga penundaannya tidak terlalu lama,” tambahnya lagi.

Jika Anies jadi menginjakkan kakinya di Palembang maka rakyat akan menyambutnya dengan semarak dan penuh semangat. Forkom akan berkoordinasi dengan partai pendukung agar sambutan kepada Anies menjadi  berharga, bernilai, dan menumbuhkan semangat perjuangan,” demikian Syafril Ahmad. (kba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here