BERBAGI

BOGOR | KBA – Mengawali hari pertama tahun baru kemarin, Minggu, 1 Januari 2023, Aliansi Relawan Anies (AREA) For RI-1 langsung terjun ke lapangan. Pihaknya kembali ke Cianjur, Jawa Barat, untuk menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak gempa berkekuatan magnitudo 5,6 pada 21 November 2022 lalu.

“Aliansi Relawan Anies For RI-1 (AREA) DPD Kabupaten Bogor mewakili DPP AREA di hari pertama tahun 2023 langsung memulai giat lapangan di beberapa lokasi,” jelas Ketua Humas DPP AREA Sovian kepada KBA News, Senin, 2 Januari 2023.

Bersama Ketua AREA DPD Kabupaten Bogor Wowoh Saefullah, Sekretaris Muhammad Erlis, dan Ketua DPD AREA Cianjur Alam dan tim, mereka menyambangi sejumlah posko pengungsian warga.

Dalam kunjungan kali ini, mereka kembali menyerahkan bantuan berupa kain sarung. Seperti sebelumnya, kain sarung ini berasal dari mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang penyerahannya kepada AREA melalui Koordinator Presidium DPP Relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) La Ode Basir.

“Giat lapangan kali ini menindaklanjuti permintaan dari Ketua simpul ANIES, Bang La Ode Basir guna mempercepat pendistribusian bantuan tambahan ke para korban bencana gempa di Cianjur,” bebernya.

Giat lapangan kemarin dimulai dengan mendatangi lokasi pengungsian di Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang. Sampat saat ini masih terdapat 117 jiwa warga menempati tenda-tenda pengungsian di lokasi tersebut karena rumah mereka tidak layak dan tidak aman untuk dihuni.

“AREA menyerahkan 120 potong sarung yang diterima warga dengan sukacita. Pada kesempatan tersebut, perwakilan warga menitipkan ucapan terima-kasih kepada Bapak Anies Baswedan atas perhatiannya terhadap kondisi mereka,” ucapnya.

Dari Desa Sarampad, mereka lalu bergeser ke Cieundeur, desa yang telah mereka kunjungi pada Kamis, 22 Desember 2022 lalu saat menyerahkan bantuan berupa abon sapi siap saji. Di Desa Cieundeur ini kemarin, mereka disambut Ustadz Aceng dan tim selaku perwakilan DPD AREA Cianjur.

“Di sini dilakukan penyerahan bantuan sebanyak 80 potong sarung secara simbolis. Bantuan akan didistribusikan oleh tim AREA DPD Cianjur segera ke lokasi tenda-tenda pengungsi,” kata Sovian.

Selain menyalurkan bantuan, tim AREA juga melihat langsung kondisi masyarakat di tenda-tenda pengungsian di sepanjang jalan dari desa Sarampad sampai ke Jalan utama Cianjur-Sukabumi.

Mereka sekaligus mengidentifikasi bantuan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. “Bantuan selanjutnya kemungkinan akan dipusatkan di sekitar area ini,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, pada awal Desember bulan lalu, Anies Baswedan memberikan dua ribu pieces kain sarung kepada warga korban gempa Cianjur. Ribuan sarung tersebut disalurkan oleh sejumlah simpul relawan yang dikoordinir Koordinator Presidium DPP ANIES La Ode Basir.

Seperti Aliansi AREA For RI 1, Jawa Barat Bersama Anies (Jabar Manies) dan Anies Baswedan Republik Indonesia (ABRI) Satu yang masing-masing 400 pieces kain sarung. Anies Baswedan langsung menyerahkan sarung tersebut sekaligus melepaskan relawan untuk bertolak ke Cianjur.

“Sarung adalah multifungsi. Bisa dipakai shalat, lelaki-perempuan bisa pakai. Bisa jadi selimut. Bisa juga penutup ruangan di pengungsian. Bagi yang punya bayi, sarung bisa jadi ayunan,” kata Sovian ketika itu mengutip pernyataan Anies.

Setelah menerima sarung tersebut, para relawan saat itu langsung membawa dan menyalurkan kepada korban gempa Cianjur. (kba)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here