BERBAGI

TEMANGGUNG | KBA – Spanduk bernuansa SARA dan ujaran kebencian kepada Bakal Calon Presiden Anies Baswedan kerap muncul di sejumlah daerah. Sayangnya pemasang spanduk fitnah ini dilakukan oleng oknum yang tanpa menyertakan identitas, layaknya surat kaleng yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Menyikapi hal itu, Jaringan Relawan Nasional Anies Baswedan (Jarnas ABW) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menjalin kerja sama dan kesepakatan dengan Gerakan Pemuda Kabah (GPK). Jarnas dan organisasi sayap Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Temanggung ini siap mencopoti bersama-sama pemasang spanduk fitnah kepada cucu Pahlawan Nasional AR Baswedan ini.

Ketua DPD Jarnas Anies Baswedan Kabupaten Temanggung Sunardi mengatakan, di Temanggung pernah muncul spanduk provokatif bernuansa SARA dan fitnah kepada Anies Baswedan. “Spanduk tersebut menyebut Politik Identitas yang dialamatkan kepada Anies Baswedan. Itu kan fitnah, faktanya tidak begitu,” katanya kepada KBA News, Selasa, 4 Januari 2023.

Dia menegaskan, dalam rekam jejak Anies Baswedan tidak ada satu pun yan mengarah pada politik identitas. Bahkan ada yang menyebut Jakarta menjadi khilafah, buktinya di bawah kepemimpinan Anies Baswedan saat menjadi gubernur, indeks kerukunan beragama cukup tinggi. “Artinya kerukunan dan toleransi umat beragama di Jakarta terjaga dan harmonis saat Pak Anies menjadi gubernur,” tegasnya.

Menurut Sunardi, atas dasar itulah, Jarnas dan GPK Temanggung berkomitmen untuk membersihkan spanduk-spanduk provokatif dan memecah belah masyarakat tersebut. “Spanduk semacam itu hoaks. Selain merugikan Pak Anies Baswedan secara pribadi, juga berpotensi memecah belah kerukunan warga,” ungkapnya.

“Jadi, kalau di Temanggung muncul spanduk seperti itu, kami dan GPK langsung datang dan copoti. Lagi pula spanduk semacam itu kan tidak berizin. Tujuannya memang mengadu domba masyakarat,” jelasnya.

Di sisi lain, Sunardi mengapresiasi GPK yang konsen pada persoalan ini. Pasalnya, sebagai organisasi sayap PPP, partai berlambang Kabah ini belum secara resmi mengusung bakal calon presiden pada Pilpres 2024.

Dia mengungkapkan, dari beberapa kali kesempatan perbincangan dengan pengurus GPK Temanggung, para anggotanya komitmen mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024. “PPP nanti resminya ke mana, yang jelas dari para petinggi GPK tetap mendukung dan memilih Anies Baswedan,” ungkapnya. (kba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here