BERBAGI

JAKARTA | KBA-Menciptakan sinergi dan saling pengertian di antara relawan di Jawa Tengah beberapa pimpinan simpul relawan akhir tahun lalu bertemu di Semarang guna membahas langkah-langkah pemenangan Capres Partai NasDem Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. dan kontribusi relawan bagi proses pemenangan itu.

Ketua DPW Simpul Relawan Anies Baswedan Club (ABClub) Jawa Tengah  Muhammad Aflofil menyatakan hal itu kepada KBA News, Selasa, 3 Januari 2023. “Pertemuan itu dilakukan di sebuah kafe di Semarang pada 26 Desember lalu. Kita membahas situasi politik nasional dan pengaruhnya kepada pemilih di Jateng.”

Hadir dalam kesempatan itu  mantan Ketua KPUD Jawa Tengah Joko Purnomo yang sekarang menjadi Koordinator Presidium DPW ANIES (Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera) Jawa Tengah, Aflofil (ABClub), Indragiri  dan Widiarto  dari Jaringan Nasional Anies  (Jarnas),  serta Bambang Agus dan Achmad Achidin dari Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) yang mendampingi Joko Purnomo.

“Kami mendiskusikan semua masalah dengan tuntas walaupun dengan santai dan penuh canda. Pak Joko bertindak sebagai mentor karena dia berpengalaman sebagai pelaksana pemilu di Jateng. Tentunya dia punya wewenang untuk membagi ilmu,” kata tokoh muda aktivis Muhammadiyah Jateng tersebut.

Tiga masalah

Ada tiga masalah yang dibahas, yaitu pertama, konsolidasi seluruh simpul relawan yang ada di Jateng. Hal ini penting, katanya, sebab relawan merupakan ujung tombak pemenangan bagi suara Anies di Jateng. Bisa bergerak cepat dan cair ke tengah masyarakat. Ini tentunya  berbeda dengan aktivis dan elite partai.

Kedua, membahas progresifitas gerakan para relawan. Walaupun bisa bergerak cepat dan cair, para relawan itu harus diwadahi dan dikoordinir dengan baik dan tepat. Harus diakui relawan yang paling kuat dan eksis adalah Relawan ANIES sebab mempunyai struktur yang kokoh.

Ketiga, peraihan suara untuk Anies di Jateng. “Semua kita ketahui bahwa Jateng adalah daerah pertarungan yang keras mengingat PDIP sangat kuat di sini. Elite PDIP tentunya tidak mau kalah di wilayah ini. Pengalaman Pilpres 2019, Jokowi Capres PDIP meraih suara yang sangat tinggi hingga 82 persen. Kalau kita ibaratkan dengan sepakbola, maka Jateng adalah Grup Neraka,” kata Aflofil.

Walaupun demikian, katanya, para relawan tetap optimis bahwa suara Anies dalam Pilpres 2024 akan naik signifikan. “Kita yakin itu. Tentunya kita harus berjuang keras. Tidak mungkin kemenangan akan kita raih jika kita tidak berjuang. Kita tidak akan mengaku kalah sebelum bertarung dan berdarah-darah di lapangan,” demikian Muhammad Aflofil. (kba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here