BERBAGI

KLATEN | KBA – Sekitar dua ratus relawan Sobat Anies berkumpul di Gedung Pertemuan Muhammadiyah, Jalan Raya Klaten, Desa Jombor, Kecamatan Ceper, kemarin, Minggu, 1 Januari 2023. Pertemuan pada awal tahun baru tersebut untuk memperingati Milad ke-1 Sobat Anies Klaten, pengukuhan Sobat Anies Kecamatan Ceper, dan juga sekaligus silaturahmi antarsesama pendukung Anies Baswedan.

Selain mayoritas relawan Sobat Anies Kecamatan Ceper dan beberapa dari kecamatan tetangga seperti Ngawen, Trucuk, dan Pedan sedikit, juga turut hadir sejumlah pengurus Sobat Anies dari tingkat pusat. Antara lain Ketua Dewan Penasihat Rubiyanto, Wakil Ketua Umum Gusturisti, Wakil Sekjen Rini.

Ketua DPD Sobat Anies Klaten, Muhammad Handaya, menjelaskan perhelatan kemarin dimulai dengan acara pengajian. Karena baginya, setiap kegiatan harus dibuka dengan siraman rohani.

“Walaupun cuma 15 menit. Tujuannya agar acara ini berkah, ilmu didapat, pahala juga dapat,” jelasnya kepada KBA News, Senin, 2 Januari 2023.

Rangkaian acara kemudian dilanjut dengan sambutan-sambutan, lalu pengukuhan dan pembacaan deklarasi/ikrar pengurus Sobat Anies untuk memenangkan Anies Baswedan di Kecamatan Ceper.

Dalam sambutannya, dia kembali menekankan bahwa Anies Baswedan merupakan sosok yang paling tepat untuk memimpin negeri ini. Selain kakeknya AR Baswedan merupakan pahlawan nasional dan anggota BPUPKI, kedua orangnya juga adalah adalah pendidik. Bapaknya Rasyid Baswedan dosen di Universitas Islam Indonesia (UII) dan ibunya Aliyah Rasyid Baswedan mengajar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

“Beliau [Anies Baswedan] juga orang yang berpendidikan, religius. Insya Allah amanah,” tuturnya.

Karena itu, dia mendorong Sobat Anies Kecamatan Ceper untuk langsung menyosialisasikan Anies Baswedan ke masyarakat setelah dikukuhkan. Juga segera membangun jaringan relawan Sobat Anies ke desa sampai tingkat RT/RW.

“Imbauan yang selalu saya sampaikan kepada Sobat Anies se-Klaten, setelah terbentuk langsung sosialisasi ke masyarakat. Bentuk DPRt-DPRt di desa, kelurahan, RW sampai RT agar seluruh [relawan Sobat Anies] di Kabupaten Klaten sosialisasi ke bawah,” ucapnya.

Namun, dia mengingatkan relawan Sobat Anies Ceper dalam mengenalkan Anies masyarakat harus dengan cara-cara sopan, bijak, dan santun. Agar tetap terjalin persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita mencegah yang namanya hoaks, provokasi, fitnah. Dan kita melarang anggota relawan Sobat anies itu menjelekkan calon atau tokoh-tokoh lain. Tidak boleh,” tegasnya.

Karena itu pula, dalam sambutannya kemarin, dia menceritakan sejarah-sejarah kerajaan Indonesia mulai dari Tarumanegara abad ke-4, Mataram Hindu, Sriwijaya, hingga Majapahit. Kerajaan terakhir inilah yang mempersatukan semua kerajaan di Nusantara.

“Saya ceritakan itu. Terus dikerucutkan Sumpah Pemuda 1928, satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Dikerucutkan lagi dengan kemerdekaan. Pancasila itu hasil dari konsensus para founding fathers kemerdekaan. Jadi tidak bisa diubah-ubah lagi. Termasuk UUD. Kalau itu terjadi, akan terpecah belah lagi,” ungkapnya.

Dia menceritakan sejarah tersebut agar Sobat Anies menangkap pesan bahwa semangat persatuan dan kesatuan ini harus terus dijaga. “Makanya NKRI harus pertahankan. Sobat Anies harus menjaga persatuan dan kesatauan NKRI,” tandasnya. (kba)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here