BERBAGI

NGANJUK | KBA – Beragam cara dilakukan relawan pendukung Anies Baswedan dalam mengenalkan sosok bakal calon presiden usungan Partai NasDem tersebut ke masyarakat. Sobat Anies Nganjuk, Jawa Timur, misalnya, setiap bulan menggelar senam bersama.

“Kita sudah tiga kali mengadakan senam bersama masyarakat. Jadi setiap bulan kita adakan rutin untuk recruiting masyarakat di Kabupaten Nganjuk,” jelas Koordinator Sobat Anies Jatim Poppy Palupi kepada KBA News, Jumat malam, 6 Januari 2023.

“Cuman terpending sekali di bulan November karena waktu itu kita prepare menyambut kedatangan Pak Anies ke Jatim. Walaupun Pak Anies akhirnya enggak jadi [datang]. Januari juga [Anies] mau datang. Tapi enggak jadi juga. Kita memaklumi,” sambungnya.

Dalam melaksanakan senam bersama ini, Sobat Anies Nganjuk menggelarnya dengan cara berkeliling dari ke kecamatan ke kecamatan lainnya. Dalam penentuan lokasi yang menjadi giliran pelaksanaan kegiatan tersebut, sepenuhnya tergantung kesiapan dari pengurus DPC Sobat Anies di tingkat kecamatan.

“Tergantung kesiapan DPC yang mana. Siap dari segala macam, dari pembiayaan, operasional dan lain sebagainya,” paparnya.

Sejauh ini masyarakat menyambut antusias dan bergabung bersama-sama ikut senam. Seperti yang mereka lakukan terakhir di Baron, persisnya di sebuah lokasi wisata. Warga yang ikut mencapai 200 orang, di luar perkiraan mereka.

“Awalnya yang daftar enggak sampai seratus. Tapi ketika sudah running, orang pada ikutan,” ucapnya.

Masyarakat pada awalnya tidak tahu tentang kelompok pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Namun dengan berbagai atribut yang dipakai para relawan ini, termasuk dengan memasang banner dan spanduk lengkap dengan foto Anies Baswedan, warga jadi terpikat.

Menariknya, masyarakat juga antusias membeli kaus Sobat Anies.

“Kedua kita siapkan kaus. Tapi bukan gratis. Karena relawan kan enggak ada modal. Tapi ternyata masyarakat beli dengan sukarela. ‘Aku suka Pak Anies. Tapi jarang di tivi. Karena yang sering nongol [di tivi] bukan Pak Anies’,” bebernya menirukan ucapan warga.

Nenek dua cucu yang juga memiliki usaha kuliner ini mengaku senang dengan antusiasme warga tersebut. Apalagi sampai bersedia membeli kaus Sobat Anies dengan merogoh kocek sendiri.

“Dengan adanya kesadaran beli kaus, berarti hatinya kan minimal sudah tersentuh dengan Pak Anies,” imbuhnya.

Selain menjual kaus Sobat Anies, para relawan yang bergerak di UMKM juga menjajakan produk atau barang dagangan mereka. Dengan demikian, kegiatan tersebut bisa didanai secara swadaya.

“Mereka sangat produktif. Makanya saya minta ini jadikan program berkelanjutan,” tukasnya.

Nah, untuk bulan Januari ini, senam bersama Sobat Anies akan digelar pekan depan, 15 Januari 2022, di Desa Pandantoyo, Kecamatan Kertosono. Poppy yang tinggal di Blitar, berjarak sekitar 70 Km dari Nganjuk, memastikan akan hadir.

“[Saya] hadirlah. Saya di mana-mana selalu hadir,” tegasnya.

Karena selain Nganjuk, dia menambahkan, setiap kabupaten/kota lain di Jatim juga punya kekhasan program masing-masing yang terus dia kawal. (kba)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here