BERBAGI

Gelombang dukungan agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih terus berlanjut. Kali ini, dukungan itu datang dari kalangan pemuda Sumatera Barat (Sumbar) yang tergabung dalam aliansi Rang Milenial Minangkabau (Rami Minang).

 

SUMBAR | KBA – Gelombang dukungan agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih terus berlanjut. Kali ini, dukungan itu datang dari kalangan pemuda Sumatera Barat (Sumbar) yang tergabung dalam aliansi Rang Milenial Minangkabau (Rami Minang).

Kata Deklarator Relawan Rang Milenial Minang Arfino Bijuangsa, deklarasi dukungan ini merupakan hasil diskusi kritis yang dilakukan berbagai elemen milenial di Minangkabau terkait kepemimpinan Gubernur Anies di Ibu Kota.

“Demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan rakyat serta Indonesia yang lebih baik, kami (Rami Minang) siap mendukung Anies Badwedan for President Republik Indonesia 2024,” ucap Arfino Bijuangsa di Pariaman dikutip dari Tribunnews, Jumat, 24 Desember 2021.

Dalam diskusinya, demikian diungkapkan Arfino Bijuangsa, Rang Milenial Minang juga telah merumuskan tujuh alasan memilih figur Gubernur Anies untuk didukung menjadi presiden pengganti Joko Widodo (Jokowi) di 2024, meliputi:

Pemimpin Berprestasi

Dukungan Rang Milenial Minang salah satunya didasarkan pada penilaian, bahwa Gubernur Anies merupakan figur pemimpin yang terbilang surplus prestasi. Menurut Arfino Bijuangsa, sudah tak terhitung jumlah penghargaan yang pernah diraih Gubernur Anies, baik tingkat nasional maupun intenasional.

Dari sekian banyak prestasi itu, lanjut Arfino Bijuangsa, salah satu yang paling berkesan adalah ketika Gubernur Anies sukses mengantarkan DKI Jakarta sebagai juara dunia integrasi transportasi publik dalam ajang Sustainable Transport Award (STA) selama dua tahun beruntun.

Bahkan, berkat kontribusinya memajukan DKI Jakarta, Gubernur Anies juga dinobatkan sebagai salah satu ‘pahlawan’ transportasi dalam 21Heroes2021 oleh lembaga internasional Internasional Transformative Urban Mobility (TUMI).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Instagram Anies Baswedan)

“Kami mencermati Anies Baswedan merupakan kepala daerah yang saat ini memiliki banyak prestasi di tingkat internasional maupun nasional. Salah satunya ialah, penobatannya sebagai gubernur pahlawan (transportasi),” ungkapnya.

Sementara di antara penghargaan tingkat nasional, seperti Best Governor for Inclusive Economic Growth dari salah satu stasiun televisi swasta, juga laporan keuangan Pemprov Jakarta yang meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama empat tahun tahun berturut-turut.

“Kemudian, meraih IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2020 melalui Jakarta Propertindo (Jakpro), peraih juara pertama dalam kompetisi nasional dalam bidang TIK (teknologi Informatika) dari Kemenkominfo RI melalui Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) dan lainnya,” beber dia.

Penyabar

Selain surplus prestasi, Gubernur Anies juga dinilai sebagai sosok penyabar dalam menghadapi fitnah dan tuduhan tak berdasar dari para pembenci yang mencoba meruntuhkan kepemimpinannya di Jakarta. Bahkan, sikap serupa juga ditunjukkan dalan menyikapi serangan buzzer di media sosial.

“Terbukti di tengah banyaknya protes yang kadang dibuat-buat, Anies tidak membalasnya atau tidak menyerang balik. Dengan kata lain, sosok Anies Baswedan adalah orang yang bijaksana dalam menyikapi serangan yang dilontarkan kepadanya,” tuturnya.

Disebutkan, Gubernur Anies tetap tenang dan merespon segala bentuk serangan lawan politik dengan bijaksana. “Beliau adalah orang yang cerdas, guru, pendidik. (Dalam berpolitik) beliau mendidik mengajarkan kebaikan secara langsung maupun tidak langsung,” ucap Arfino Bijuangsa.

Menjaga Persatuan

Gubernur Anies juga dinilai sebagai tokoh dengan komitmen kuat menjaga persatuan. Tuduhan maupun serangan yang selama ini menimpanya tidak menjadikan mantan menteri pendidikan dan kebudayan itu membalas dengan narasi-narasi perpecahan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan sederet piagam penghargaan. (Foto: Instagram Anies Baswedan)

Di sisi lain, Gubernur Anies merupakan tokoh yang peduli terhadap kerukunan umat beragama. Kepeduliannya sangat besar terhadap keharmonisan umat beragama. “Selama kepemimpinannya, Anies tidak pernah melakukan upaya memecahbelah bangsa. Sikap dan gaya bicaranya pun teratur,” jelasnya.

Jujur dan Benar

Di mata relawan Rang Milenial Minang, Gubernur Anies termasuk figur pemimpin berintegritas dan jujur. Juga bukan tipikal pemimpin yang menghalalkan segala cara. “(Beliau) juga tidak pernah melontarkan ungkapan kontroversi yang dapat memecah belah bangsa,” urai Arfino Bijuangsa.

Religius

Lebih jauh, Gubernur Anies dinilai sebagai figur pemimpin yang taat dengan ajaran agama. Tutur katanya selalu mencerminkan nilai-nilai agama yang membuat tenteram yang mendengar.

“Sosoknya tidak jauh dari agama. Akhlaknya mencerminkan agamanya yang cukup baik. (Beliau) sering jadi imam sholat,” katanya menambahkan.

Dekat dengan Warga

Kedekatan Gubernur Anies dengan warga Jakarta, begitu kata Arfino Bijuangsa ditunjukkan melalui pogram dan kebijakannya yang memihak terhadap kepentingan warga Ibu Kota.

“Bahkan, (beliau) pernah jatuh ke dalam got ketika bersama masyarakat. Lebih jelasnya, Pak Anies adalah orang yang selalu bersama masyarakat dan bukan hanya seremonial semata,” tegasnya.

Pahlawan Kemanusiaan

Selain itu, Gubernur Anies bagi Rang Milenial Minang termasuk seorang pahlawan kemanusiaan. Hal ini, terpotret dari gaya kepemimpinan Sang Gubernur yang terlihat seperti seorang ayah membimbing anak dengan penuh kasih sayang.

“(Beliau) peduli terhadap permasalahan warga dan memimpin layaknya ayah membimbing anaknya dengan hati dan penuh kasih sayang,” demikian Arfino Bijuangsa. (kba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here