BERBAGI
Anies Baswedan Wayangan di Kota Reyog Ponorogo

Jakarta News – Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan menghadiri pagelaran wayang kulit di Lapangan Siman Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat malam, 29 Desember 2023. Pagelaran seni budaya ini digelar dalam rangka HUT ke-8 Komunitas Pelestari Seni Budaya Nusantara (KPSBN).

Pagelaran wayang kulit di kota reyog ini mempersembahkan lakon Bima Suci dengan dalang Ki KRT Purbo Sasongko. Bintang tamunya adalah Cak Yudho Cs. Anies tiba di lapangan Siman sekitar pukul 22.00 WIB usai mengikuti Istighotsah Kubro di Ponpes Darul Muttaqin Trenggalek.

Capres Anies yang diusung Koalisi Perubahan ini juga didaulat naik panggung oleh Cak Yudho. Anies didampingi oleh Ketua KPSBN, Yoga Mandira. ‘’Alhamdulillah, saya bisa hadir di Lapangan Siman Ponorogo ini,’’ kata Anies dikutip KBA News dari akun YouTube DG Channel.

Cak Yudho juga menyampaikan aspirasi masyarakat. Misalnya, pupuk mahal dan sulit. Kemudian, lapangan pekerjaan yang sulit. ‘’Setiap ketemu petani, saya bertanya apa masalahnya. Saya catat permasalahan petani itu ada tiga. Pupuk, pupuk, dan pupuk,’’ kata Anies.

Anies berjanji  akan menyelesaikan masalah pertanian menjadi salah satu prioritas utama jika diamanahi rakyat Indonesia sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI dalam Pemilu 2024 mendatang.

‘’Kenapa? Lho, bukan urusan yang sulit, lahan pertanian kita tahu, jumlah petani kita tahu, rumah yang perlu beras kita tahu. Kok bisa harga pupuk berubah-ubah setiap waktu. Artinya, ini tidak diurus dengan benar,’’ kata dia.

Untuk bidang seni budaya, Anies mengatakan seniman harus bisa konsentrasi berkarya termasuk budayawan. ‘’Jangan sampai para seniman dan budayawan terbebani mencari penghidupan. Harus ada dukungan negara untuk kegiatan kebudayaan,’’ katanya.(kba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here