BERBAGI
Bisakah Amin rebut suara di Jateng

Jakarta News – Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengaku tidak khawatir jika ada pasangan calon lain yang memperebutkan wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Salah satu paslon tersebut adalah Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar yang menargetkan 41 persen suara di wilayah Kudus dan Demak.  Target ini masuk di akal jika merujuk pada hasil-hsail pilgub yang lalu ketika cagub Sudirman Said bahkan merebut suara lebih dari 45%.

Memang pilgub dimenangkan Ganjar Pranowo, tetapi pada dasarnya suara PDIP di Jateng itu sekitar 13%. Sehingga jika Amin berhasil merebut 41% suara dari Jateng dengan sendirinya Amin berhasil merebut suara sangat signifikan di basis partai banteng itu.

Menurut Ganjar, siapapun penantangnya pasti akan bicara seperti itu. Namun, ia meyakini dengan kecakapan partainya. Sebab, PDIP beberapa kali mampu memenangkan suara secara tradisional maupun secara sosiologis, bahkan secara soliditas.

“Saya kira Jateng sudah menunjukkan itu, tapi semua pendapat saya hormati. Kita bukan orang yang khawatir kok, kita orang-orang optimis. Dulu saya waktu pemilihan gubernur, posisi kita juga berbeda, yang menang saya,” kata Ganjar usai menggelar pertemuan Tim Pemenangan Cabang (TPC), caleg, partai koalisi dan relawan se-Sragen di Ndayu Park, Sragen, Jateng, Minggu (24/12/2023).

Mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) ini yakin suara di daerah yang pernah ia pimpin, utamanya di Solo Raya, solid untuk memenangkan dirinya dengan Mahfud MD. Pasalnya, konsolidasi seluruh pendukung mulai dari kader-kader partai pengusung, relawan, tim pemenangan kabupaten/kota sudah bekerja jauh-jauh hari sebelum ia datang ke Solo.

“Kalau Sragen, Solo Raya, insya Allah solid. Kita memastikan saja karena konsolidasinya sebelum saya datang, kawan-kawan sudah bekerja,” tuturnya.

Jadi, Ganjar menilai, partai pengusung dengan relawan sudah kompak. Bahkan, ada beberapa di antaranya sudah membagi zona, sehingga masing-masing memiliki target, bahkan target individu.

“Umpama dari caleg, mesti menargetkan berapa dan kemudian ini mesti related dengan hasil Pilpres-nya berapa,” papar Ganjar. Sementara itu, Ketua TPC Sragen Untung Wibowo mengungkapkan, relawan Ganjar-Mahfud saat ini mencapai 1.200 orang, yang didominasi kalangan petani yang terwakili dari 20 kecamatan di Sragen.

Tentu kita masih gerak terus, sisa 58 hari untuk konsolidasi ke depan. Semua caleg bergerak menjangkau masyarakat dan terus menggaungkan Mas Ganjar,” jelas Untung.

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here