BERBAGI

JAKARTA | KBA– Pernyataan M Ramli Rahim, salah seorang relawan AMIN yang menyebut bahwa kekuatan AMIN hanya ada di relawan bukan di partai politik, dibantah oleh juru bicara Timnas AMIN, Andi Sinulingga. Kekuatan AMIN justru berada di solidnya hubungan antara relawan dengan parpol.

Jubir Timnas AMIN Andi Sinulingga mengatakan, apa yang dikatakan Ramli tersebut sama sekali tidak benar. Sebab semua pihak yang terkait saling memberikan dukungan satu sama lain. “Kader-kader Nasdem, PKB, dan PKS semuanya turun ke bawah bertemu masyarakat, bersama dengan relawan. Mereka kerja keras untuk kemenangan AMIN, mereka kerja tulus, eksistensi dirinya tak penting untuk diketahui publik,” ujarnya, Selasa (2/1).

Bang Ucok – panggilan akrab Andi Sinulingga – menambahkan, dirinya waktu keliling ke setiap daerah juga melihat banyak spanduk, baliho, dan poster yang dipasang oleh caleg dari semua parpol Koalisi Perubahan. Bahkan ketika para kader tersebut bertemu dengan masyarakat, para relawan juga turut ikut menemani dan mengumpulkan masyarakat.

“Saya lihat baliho-baliho AMIN oleh PKB sampai ke kaki Gunung Tengger di Bromo, Jawa Timur. Saya lihat kader Nasdem sampai ke kaki Gunung Leuser di Aceh, saya lihat PKS di kaki Gunung Gede Pangrango, semua kerja, begitu juga relawan-relawan yang kerja luar biasa,” tambahnya.

Dia juga menyebut apa yang disampaikan oleh Ramli merupakan pendapat pribadinya. Namun demikian, lanjut Ucok, dirinya menganggap apa yang disampaikan oleh Ramli itu merupakan dinamika biasa. “Saya sampaikan kepada teman-teman partai, apa yang disampaikan itu nggak perlu dianggap serius, anggap lucu-lucuan saja,” terangnya.

Senada dengan Ucok, Inisiator Forum Komunikasi (FORKOM) Relawan Anies Tatak Ujiyati juga menyatakan bahwa hubungan antara partai pendukung dengan relawan sangat baik. Bahkan ketika Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi) yang dikelolanya banyak mendapatkan bantuan dari partai.

“Bakorsi bisa pengukuhan di lebih dari 300 lokasi karena dukungan parpol. Dipinjamkan kantor untuk pengukuhan, terkadang dikasih konsumsi pula. Jakarta di kantor PKB, Surabaya di kantor Nasdem, Jabar didukung PKS,” ujar Tatak.

Tatak juga menambahkan, sinergi antara relawan AMIN dengan partai pendukung juga terlihat dari kehadiran perwakilan partai pendukung dalam acara-acara relawan. Di Surabaya Jawa Timur misalnya, Wakil Ketua Nasdem Ahmad Ali menyempatkan hadir melantik anggota Tim 100 Bakorsi Jawa Timur. Di Bandung Jawa Barat, Ahmad Heryawan dari DPP PKS hadir memberikan arahan dalam pelatihan saksi yang diselenggarakan oleh Bakorsi Jabar. (kba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here