BERBAGI

YOGYAKARTA | KBA-Calon Presiden nomor urut 01 dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan berziarah ke makam orangtuanya di Makam UII, Jalan Kaliurang Km. 14,5, Senin 1 Januari 2024.

Sebelumnya Anies juga mengunjungi rumah Abdurrahman Baswedan atau AR Baswedan di Taman Yuwono No 19 Jalan Dagen Yogyakarta bersama keluarga. Di sana Anies menunjukkan dan menceritakan bagian bagian bersejarah dari rumah kakeknya yang juga pahlawan nasional kemerdekaan Indonesia tersebut kepada anak anak serta para anggota keluarga yang lain.

Salah satunya bagian belakang pojok rumah yang bagian atas atapnya menjadi tempat persembunyian AR Baswedan dari ancaman PKI waktu itu. “Di bagian atas ini ada tempat di atas plafon untuk kakek bersembunyi jika sewaktu-waktu ada ancaman dari PKI,” cerita Anies, Senin 1 Januari 2023.

Anies juga menceritakan tentang ruang tengah yang menjadi tempat berkumpul keluarga dan menjadi saksi bisu keguyuban keluarga besar Anies. “Ruang ini dulu terasa besar. Bahkan saat Idul Fitri menjadi tempat berkumpul sanak keluarga hingga 60-an orang,” ujar dia.

Anies juga kemudian berfoto di pojok ruang tengah bersama ibundanya Prof Emeritus Aliyah yang menapaktilasi foto memori ulang tahunnya yang pertama.

Lalu Anies dan keluarga berfoto pada bagian di antara dua jendela di ruang tengah rumah bersama keluarga. “Kekhasan kalau foto di rumah ini, tandanya adalah jendela ini. Jadi kita foto di bagian jendela ini,” ujar Gubernur DKI Jakarta 2017-2022.

Aktivitas foto bersama anggota keluarga pun kemudian dilakukan di seputar dua jendela di ruang tengah dengan menghadap ke bagian dalam dan ke bagian luar di samping rumah dari sisi jendela. (kba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here