BERBAGI

“Sebelumnya saya belum punya pilihan, tapi melihat bapak datang ke sini, saya akan pilih bapak…,” tegas Wiwi Ekasari, pedagang pakaian jadi di Pasar Sail Pekanbaru, Riau dalam acara ‘Desak Anies’ yang digelar di area pasar tempatnya berdagang Rabu, 13 Desember 2023.

‘Desak Anies’ sendiri kini menjadi magnet bagi milenial untuk mendengar gagasan Anies Rasyid Baswedan sebagai Calon Presiden nomer urut 1. Ribuan milenial dan kini berkembang ke berbagai kalangan dan profesi berbondong-bondong hadir ke acara yang tempatnya terbatas ini.
Hasilnya, bagi yang sebelumnya haters (pembenci atau tidak suka) Anies mulai membuka-buka rekam jejak Anies, yang ragu mulai condong ke Anies, yang memang akan memilih makin mantap dengan pilihannya, dan yang militan makin bersemangat untuk mencari suara tambahan bagi Anies lewat jalur relawan.

‘Desak Anies’ memang mendesak orang-orang yang punya nurani untuk mengakui bahwa di tengah kita telah hadir sosok dengan kapasitas terbaik yang harusnya kita beri jalan untuk memimpin negeri ini.

Acara sederhana yang di gagas putra pertama atau anak nomer dua Anies Mikail Azizi Baswedan ini membesar bak bola salju yang meluncur deras melewati kampanye-kampanye masa lalu yang identik dengan panggung dangdut dan pengerahan massa. Kampanye yang massanya diminta datang dengan iming-iming bahkan bagi-bagi amplop.
Sementara ‘Desak Anies’ massa yang meminta datang dengan mendaftar, bahkan sebagian harus ditolak karena tempat terbatas.
“Konsumsi disediakan 300 ternyata yang hadir 3000,” aku panitia yang mengaku cukup kewalahan mengatasi membludaknya peserta.

“Kalau Anies berjanji membawa perubahan ya dari cara kampanyenya saja sudah terlihat ya,” sebut Raisa yang menonton ‘Desak Anies’ lewat YouTube.

Sementara ‘Desak Anies’ terus bergulir yang menjadi kampanye off air Anies,
di dunia online, Anies mendapat perhatian ketika dia melakukan live perdana melalui platform TikTok pada Jum’at 29 Desember 2023 saat Anies masih berada di Jawa Timur. Dua live berikutnya saat dalam kereta dari Madiun menuju Yogyakarta dan sesaat sebelum pergantian tahun.

Live tersebut viral dan mendapat perhatian lintas platform hingga muncul akun X @aniesbubble, yang merupakan tiruan akun khas kpop dan biasanya berfungsi membagikan update-an dari idola mereka. Akun tersebut dan beberapa akun fans kpop lainnya mengunggah beberapa potongan klip live Anies yang berisi kata-kata nasihat dan motivasi yang menyentuh. Postingan yang mereka buat menarik perhatian para fans kpop lainnya karena menggunakan bahasa dan format yang biasa mereka gunakan dalam konteks interaksi fans kpop.

Riuhnya interaksi lewat postingan-postingan tersebut akhirnya semakin meramaikan nama Anies di sosial media terutama di kalangan fans kpop yang unik dan militan serta Gen Z yang sulit ‘disentuh’.

Kini #Abah dan Park Anh Nice, dua panggilan Anies pasca live Tik Tok selalu jadi tranding topic di platform X.
Bukti bahwa fans kpop dan Gen Z mulai ‘jatuh cinta’ pada Anies. Semudah itu..(*)

Rahmi Aries Nova, Jurnalis Senior Freedomnews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here