BERBAGI

Penerima bantuan pemasangan listrik gratis adalah masyarakat yang bertempat tinggal di daerah 3T, yakni tertinggal, terluar, dan terdepan. Relawan AFP 2024 nanti akan membayarkan biaya pemasangannya.

 

JAKARTA | KBA – Relawan Anies For Presiden (AFP) 2024 Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki program untuk pemasangan listrik gratis buat warga kurang mampu di sekitar NTB serta empat Kabupaten se-pulau Lombok, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, dan Lombok Timur.

“Kami melihat masih banyak masyarakat tidak mampu, khususnya di NTB, yang belum menikmati aliran listrik, sedangkan sarana penerangan ini sangat dibutuhkan masyarakat dalam kehidupannya,” kata Ketua Umum Relawan Anies Baswedan for President 2024 Musa Shofiandy kepada KBA News melalui pesan tertulis di Jakarta, Selasa, 18 Januari 2022.

Dia menuturkan, penerima bantuan ini masyarakat yang bertempat tinggal di daerah 3T, yakni tertinggal, terluar, dan terdepan. Relawan AFP 2024 nanti akan membayarkan biaya pemasangannya.

“Masyarakat terima nyala. Sedangkan untuk pembelian pulsanya ditanggung sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini sudah terkumpul dana untuk 12 kepala keluarga calon penerima bantuan yang berasal dari sumbangan ikhlas relawan. Masing-masing KK mendapat daya listik sebesar 450 watt dengan biaya Rp280 ribu per KK.

“Insya Allah baru nanti bulan Februari akan kita pasang untuk 12 KK. Saat ini sedang dalam proses dan koordinasi dengan PLN. sehingga bulan Februari 2022 tinggal masang,” ungkapnya.

Namun pemasangan listrik ini perlu penyaringan ketat. Pihaknya akan menyerahkan data tersebut ke pihak PLN. Musa pun menyerahkan pihak PLN yang mengatur siapa yang berhak menerima pemasangan listrik gratis itu.

“Jadi nanti setelah kita lakukan pendataan di masyarakat, data itu kita serahkan ke PLN untuk di cek apakah masyarakat itu termasuk yang bisa memperoleh bantuan listrik dengan harga murah itu atau tidak. Kalau PLN sudah memastikan baru kita realisasikan pemasangannya,” pungkasnya.

Kata Musa, pihak PLN menilai program ini khusus untuk masyarakat yang berada atau berempat tinggal di daerah 3T tersebut, pasalnya itu syarat dari PLN.

“Jadi tidak semua Kabupaten atau Kota yang bisa mendapatkan program ini,” imbuhnya.

Musa menegaskan bantuan ini disesuaikan dengan kemampuan dari Relawan AFP NTB 2024. Dananya pun berasal dari sumbangan dan amal yang ikhlas dari para relawan.

“Insya Allah program ini akan terus kita lakukan untuk masyarakat,” tuturnya.

Hingga kini pengurus relawan Anies For Presiden 2024 NTB masih membuka sumbangan untuk disalurkan dalam bentuk pemasangan listrik bagi warga tak mampu di daerah 3T. (kba)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here